Direct and Indirect Speech
Kalimat
langsung (Direct), mengulang ucapan pembicara sama persis. Kalimat langsung biasanya
digunakan dalam percakapan di dalam buku, dalam tanda kurung, ataupun dalam
darama.
Contoh:
He said, ‘I have clear my job.’
Kalimat langsung (direct) punyai dua bagian:
Contoh:
He said, ‘I have clear my job.’
Kalimat langsung (direct) punyai dua bagian:
-
reporting
sentence: klausa yang berisi siapa yang berbicara
-
reported
sentence : klausa yang berisi apa yang dibicarakan.
Contoh:
Dood said, “I will get it.”
reporting reported
Contoh:
Dood said, “I will get it.”
reporting reported
Kalimat
tidak langsung (indirect), mengungkapkan maksud ucapan pembicara dengan
ungkapan yang tidak sama persis.
Contoh:
He said (that) he had clear his job.
Contoh:
He said (that) he had clear his job.
Perubahan direct menjadi
indirect pada statement ditandai dengan ‘that’.
Kalimat langsung yang reporting sentence-nya memiliki verb dalam bentuk present tense (simple present, present continuous, and present perfect atau future tense) maka tidak ada perubahan tenses pada reported sentence dalam bentuk tidak langsung (indirect). Ini biasanya terjadi apabila:
1. Melaporkan suatu percakapan yang masih berlangsung
2. Membaca surat dan melaporkan apa isi surat tersebut
3. Membaca perintah dan langsung melaporkannya pada waktu tersebut
4. Melaporkan pernyataan yang sering muncul
Kalimat langsung yang reporting sentence-nya memiliki verb dalam bentuk present tense (simple present, present continuous, and present perfect atau future tense) maka tidak ada perubahan tenses pada reported sentence dalam bentuk tidak langsung (indirect). Ini biasanya terjadi apabila:
1. Melaporkan suatu percakapan yang masih berlangsung
2. Membaca surat dan melaporkan apa isi surat tersebut
3. Membaca perintah dan langsung melaporkannya pada waktu tersebut
4. Melaporkan pernyataan yang sering muncul
Contoh Direct :
- Gabriel
says, ‘’i’m trying to scold Lucifer’’
- Michael
say, ‘’rain fell every land on earth’’
Contoh Indirect :
- Gabriel
says that he is trying to scold Lucifer
- Michael
says thaht the rain fell every land on earth
NO.
|
TENSES
|
DIRECT SENTENCE
|
TENSES
|
INDIRECT SENTENCE
|
1.
|
Simple
Past
|
David
said,”I made a new sword”
|
Past
Perfect
|
David said
that he had made a new sword
|
2.
|
Simple
Present
|
Joseph said,”I’m
dizzy”
|
Simple
Past
|
Joseph
said that he was dizzy
|
3.
|
Present
Continuous
|
Tiyas said,”My
mother is cooking spaghetti”
|
Past
Continuous
|
Tiyas said
that her mother was cooking spaghetti
|
4.
|
Present
Future
|
Abraham
said,”I will destroy the building tomorrow”
|
Past
Future
|
Abraham
said that he would destroy the building the day after
|
5.
|
Present
Perfect
|
The
soldiers said,”We have secured the area”
|
Past
Perfect
|
The
Soldiers said that they had secured the area
|
6.
|
Future
Continuous
|
Jones
said,”I will be diving in the stream”
|
Past
Future Continuous
|
Roby said
that he would be diving in the stream
|
7.
|
Present
Perfect Continuous
|
Noah said,”I
have been driving a boat”
|
Past
Perfect Continuos
|
Noah said
that she had been driving a boat
|
8.
|
Modals
|
Gabriel
said,”I can deliver the message well”
|
Janni said
that she could deliver the message well.
|
sumber : http://abudira.wordpress.com/2010/06/08/direct-dan-indirect-speech/
Excercise
Excercise
1. Afifa said,’’ i bring it for you’’
2. Azizah said, ‘’ my cousin is cooking
a pizza in halloween day’’
3. Yasmin said.’’ i spent my holiday’’
Answer
1. Afifa said that she bring it for you
2. Aziza said that her cousin was
cooking a pizza in halloween day
3. Yasmin said that shehad spent her
holiday
Excercise
Had have
is must want
was will would
1. Abraham said,’’I......destroy the
building last week
2. Azizah
said,’’we...... smart if we want what we want
3. Saidah
said that she ......cooking a soup yesterday
4. Aisyah
said,’’I ...... get my salary tomorrow
5. Samael
said that he ...... leave city the day after
Answer
1. Have
2. Must
3. Was
4. Will
5. Would
Tidak ada komentar:
Posting Komentar